4 Cara Merawat Kulit Wajah Kusam Secara Alami

Kulit wajah adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatan dan kecantikannya, karena orang lain akan pertama kali menilai Anda dari wajah. Tentu saja akan menurunkan percaya diri jika Anda tak menampilkan wajah dalam kondisi terbaiknya, bukan? Salah satu masalah yang umum dihadapi baik wanita maupun pria adalah wajah kusam. Wajah yang terlihat kusam akan otomatis menghilangkan kilau alami serta menutupi kecantikan wajah Anda. Agar Anda tidak mengalami hal tersebut, coba ikuti beberapa tips untuk merawat wajah kusam secara alami.

  1. Konsumsi Cukup Air

Air adalah hal esensial yang dibutuhkan manusia. Bahkan, sekitar 70% tubuh manusia adalah air. Wow! Jadi, tentunya Anda bisa mengetahui pentingnya air untuk tubuh Anda, termasuk wajah, agar sistem alami tubuh dapat berjalan dengan baik. Air pun ternyata dapat mempengaruhi wajah dan jika mendapat asupan air yang kurang, dapat menyebabkan kusam pada wajah. Wajah yang kusam bisa disebabkan karena kulit kering dan muncul garis-garis halus pada wajah. Sedangkan air sangat berperan penting sebagai pelembab alami yang dapat mengunci kelembaban kulit wajah dari dalam. Dengan asupan air yang cukup pun, kulit Anda akan terhidrasi dengan baik sehingga menampilkan wajah yang lembab dan kencang. Minumlah air minimal 2 liter atau 8 gelas sehari.

cara perawatan kulit wajah kusam secara alami

Cara merawat kulit wajah kusam secara alami

baca juga : cara merawata wajah kusam pada pria

  1. Mendapatkan Tidur yang Cukup

Advertisement

Perawatan wajah kusam secara alami adalah tidur. Tidur sebenarnya merupakan hal yang sangat menyenangkan, bukan? Pikiran dan tubuh Anda bisa beristirahat setelah ditempa pekerjaan dan aktivitas seharian. Tubuh dan pikiran Anda pun akan menjadi rileks dan dapat menyegarkan diri lagi untuk aktivitas di hari berikutnya. Nah, tidur pun menjadi hal yang menyenangkan untuk kulit wajah Anda, karena saat tidur, terjadi proses regenerasi kulit paling besar dalam jangka waktu satu hari. Proses regenerasi sel kulit ini akan mengganti sel-sel kulit yang sudah mati dengan sel kulit baru yang lebih sehat dan cantik. Jadi, jika Anda kekurangan tidur, Anda akan kehilangan kesempatan mengganti sel kulit mati, sehingga pada pagi harinya Anda hanya akan mendapati sel-sel kulit mati yang masih ada pada wajah Anda.

  1. Mendapatkan Asupan Lemak

Jangan senang dulu, yang dimaksud lemak di sini adalah lemak baik, bukan lemak jahat seperti kolestrol yang terdapat di dalam junk food, gorengan, atau beberapa olahan daging sapi. Lemak baik ini maksudnya adalah asam lemak omega, yaitu lemak yang sangat baik dan bermanfaat, namun sayang tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsinya secara langsung. Lemak baik ini terdapat di dalam ikan salmon, alpukat, kelapa, atau kenari. Kandungan lemak baik ini dapat membantu melembabkan kulit serta rambut Anda, sehingga menjaganya untuk tetap bersinar secara alami.

cara merawat wajah kusam secara tradisional

  1. Lakukan Eksfoliasi

Terakhir, Anda bisa melakukan proses eksfoliasi.  Eksfoliasi adalah sebuah langkah di mana Anda dapat mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah secara manual. Jadi, Anda akan mendapatkan wajah yang lebih sehat dan cantik dengan sel-sel kulit baru setelah melakukan proses eksfoliasi. Hal ini dapat Anda lakukan sendiri di rumah atau di salon. Jika Anda lebih memilih melakukannya di rumah, Anda bisa menggunakan krim eksfoliasi khusus atau pembersih biasa. Anda pun dapat menggunakan handuk atau kain lap yang agak kasar untuk eksfoliasi. Namun jangan terlalu sering melakukannya, karena dapat membuat kulit menjadi kering dan rusak jika berlebihan.

Baca juga : ” tips mengatasi kulit wajah kusam dan berminyak

Bagaimana? Sekarang Anda tak bingung lagi untuk merawat wajah kusam secara alami, bukan? Anda tak perlu memikirkan cara-cara operasi atau facial yang rumit dahulu. Cukup ganti kebiasaan-kebiasaan Anda dengan kebiasaan baik di atas dan lihat sendiri hasilnya. Alami lebih baik, kan?

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *