Bersihkan Karang Gigi Membandel dengan ini!

Karang gigi atau plak gigi merupakan kotoran yang menempel pada gigi yang timbul karena adanya sisa makanan yang terselip di gigi. Karang gigi tersebut disebabkan karena jarang menggosok gigi dengan teratur, setelah makan atau sebelum tidur. Sisa makanan tersebut akan menumpuk dan menjadi karang gigi, yang menyebar ke seluruh di gigi dan menimbulkan bau mulut. Karang gigi akan bersifat melekat kuat pada gigi, dan terdapat bakteri di dalamnya bila tidak dibersihkan sehingga dapat merusak kesehatan gigi. Akibat yang dapat ditimbulkan yaitu bau mulut dan gigi menjadi berlubang. Untuk mengatasinya berikut beberapa cara alami membersihkan karang gigi yang membandel yang bisa anda coba di rumah.

Cara alami membersihkan karang gigi yang membandel

baca juga ” atasi bau mulut dengan cara mudah ini !

Cara alami membersihkan karang gigi yang sudah membandel

Kulit Jeruk

Merupakan bahan yang ampuh sebagai cara alami membersihkan karang gigi yang membandel. Berfungsi untuk membersihkan karang gigi dan cara penggunaannya juga mudah. Yaitu cukup dengan menggosokkan kulit jeruk bagian dalam pada gigi terutama yang terdapat penumpukan sisa makanan. Selain itu cara ini juga dapat menghilangkan bau mulut tak sedap.

Strawberry

Strawberry merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C yang dapat digunakan sebagai cara alami membersihkan karang gigi yang membandel. Sehingga gigi dapat terbebas dari karang gigi. Caranya mudah hanya dengan mengkonsumsi buah strawberry secara langsung.

Advertisement

Apel

Buah apel tidak hanya digunakan untuk menu diet, namun juga bisa digunakan sebagai cara alami membersihkan karang gigi yang membandel. Buah apel mengandung zat yang dapat digunakan untuk menghilangkan karang gigi, karena vitamin C yang terdapat di dalam buah apel bisa mengikis karang gigi. Caranya mudah sekali, hanya dengan mengkonsumsi buah apel setiap hari.

Melon

Cara alami membersihkan karang gigi yang membandel dapat juga dilakukan dengan mengkonsumsi buah melon. Buah melon dapat memperbanyak produksi air liur, sehingga dapat juga untuk membersihkan mulut, dan menghilangkan karang gigi.

Air Putih

Air putih merupakan bahan alami yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti melancarkan pencernaan, membantu untuk keseimbangan metabolisme dalam tubuh, dan dapat dijadikan cara alami membersihkan karang gigi yang membandel. Setiap hari minimal harus mengkonsumsi 8 gelas, dan digunakan untuk berkumur-kumur.

Adapun tips untuk mencegah timbulnya karang gigi, antara lain :

  1. Berkumur setelah selesai makan dengan menggunakan air putih. Selain dapat membersihkan karang gigi yang membandel, juga dapat membantu menghilangkan bau mulut.
  2. Mengurangi makanan dengan gula yang tinggi dan bertepung. Makanan yang terlalu manis akan beresiko menimbulkan karang pada gigi. Apabila setelah mengkonsumsi makanan yang manis dan bertepung tidak langsung menggosok gigi, maka karang gigi akan semakin menumpuk.
  3. Mengkonsumsi air yang cukup. Karena dengan minum air putih sisa makanan dapat ikut masuk, atau keluar dari rongga mulut. Sehingga tidak menempel di gigi dan menyebabkan karang gigi.
  4. Secara rutin yaitu 6 bulan sekali memeriksakan gigi ke dokter. Hampir semua orang tidak pernah memeriksakan gigi ke dokter gigi, kecuali saat merasakan sakit pada gigi. Akan lebih baik jika secara rutin memeriksakan, dan berkonsultasi pada dokter tentang permasalahan gigi. Hal ini dimaksudkan supaya dapat terhindar dari karang gigi, gigi berlubang, dan permasalahan bau mulut. Pada saat karang gigi sudah mulai ada, dokter akan langsung membersihkannya.

Demikianlah sedikit informasi tentang cara alami membersihkan karang gigi yang membandel dan dapat anda lakukan sendiri di rumah. Semoga dengan adanya postingan ini dapat menambah wawasan anda dan membantu mengatasi masalah karena karang gigi yang membandel. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Simak tips kesehatan selanjutnya di cantiknsehat dan jangan lupa share ya teman.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *