Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik pada Bayi

Akan sangat menyenangkan jika bayi yang baru Anda lahirkan menjadi bayi yang sehat dan cantik, termasuk dalam urusan kulitnya. Kulit bayi yang identik dengan kulit halus, lembut serta kenyal bisa jadi menjadi kering dan bersisik, lho. Namun jangan khawatir dan sedih jika bayi Anda mengalaminya. Hal seperti ini cukup wajar terjadi pada bayi, karena pada dasarnya kulit bayi pun sama seperti kulit orang dewasa yang dapat berubah karena hal-hal tertentu. Kulit kering dan bersisik pada bayi ini biasanya disebut dengan dermatitis atau eksim. Nah, jika bayi Anda mengalami hal ini pada kulitnya, lakukan beberapa cara mengatasi kulit kering dan bersisik pada bayi berikut ini.

  1. Berikan Pelembab Tambahan

Layaknya kulit orang dewasa seperti kita yang membutuhkan lotion atau serum, kulit bayi pun membutuhkannya. Walaupun sepertinya kulit bayi terlihat lebih halus dan lembut secara alami, pelembab kulit khusus untuk bayi juga menjadi penting untuk digunakan. Berikanlah si bayi pelembab kulit tambahan untuk menjadikan kulitnya lebih lembut, lembab dan halus. Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli lotion atau pelembab kulit bayi adalah sebaiknya produk tersebut bebas dari propylene glycol, lanolin, zat pengawet, atau pewangi yang dapat menyebabkan kerusakan dan kekeringan lebih lanjut pada kulit bayi yang pada umumnya sensitif. Pilihlah produk pelembab yang aman, misalnya yang berbahan dasar bahan alami. Gunakan pelembab lebih sering pada saat cuaca sedang dingin.

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik pada Bayi

baca juga ” tips mengatasi kulit kering dan bersisik dengan cepat

Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik pada Bayi

  1. Hindari Penggunaan Air Panas untuk Mandi

Sebagai orang tua, Anda tentunya ingin memberikan yang terbaik dan paling nyaman untuk bayi Anda. Salah satunya adalah dengan menyiapkan air mandi yang hangat untuk bayi Anda agar terasa lebih nyaman dan tidak kaget dengan air dingin. Namun membiasakan si bayi mandi dengan air panas atau hangat justru akan membuat kulit bayinya menjadi lebih kering. Mengapa? Karena air hangat dapat menyerap minyak alami pada kulit bayi, sehingga kulit dapat kehilangan kelembaban alaminya. Selain itu, jangan gunakan sabun batangan yang keras untuk bayi Anda. Pilihlah sabun khusus bayi yang memiliki kandungan lebih ringan dan diperkaya dengan bahan-bahan alami yang cocok untuk kulit bayi yang sensitif.

  1. Keringkan Badan Bayi dengan Benar

Setelah mandi, kegiatan selanjutnya yang dilakukan tentunya mengeringkan badan bayi, bukan? Namun jangan sampai Anda salah dalam mengeringkan badan bayi Anda. Cara mengatasi kulit kering dan bersisik pada bayi berikutnya adalah mengeringkan badan bayi dengan tepat. Usap-usap atau tekan-tekan dengan lembut kulit bayi Anda saat mengeringkan badannya. Jangan menggosok badan bayi terlalu kasar atau keras dengan handuk. Setelah itu, segera kunci kelembaban kulitnya dengan memberikan pelembab khusus bayi tadi. Hal ini akan membuat bayi semakin nyaman dan menghindari kekeringan lebih lanjut pada kulitnya. Oh iya, pilihlah handuk yang sangat lembut untuk bayi Anda, ya!

  1. Memilih Bahan Pakaian yang Sesuai

Terakhir, pilihlah pakaian yang berbahan sesuai untuk si bayi. Pilihlah bahan pakaian yang menyediakan sirkulasi udara yang baik agar kulit bayi Anda dapat bernapas dengan baik. Salah satu contoh bahan yang sesuai dan nyaman adalah katun. Hindari penggunaan bahan nylon, wool, atau bahan-bahan pakaian lainnya yang bersifat sintetis. Selain itu, pilihlah yang berbahan adem atau dingin, serta dapat menyerap keringat. Hal ini juga berhubungan erat dengan menghindarkan bayi Anda dari biang keringat yang dapat muncul karena pakaiannya sulit menyerap keringat.

Nah, kini Anda sudah mengetahui cara-cara apa saja yang harus Anda lakukan untuk mengatasi kulit kering dan bersisik pada bayi Anda, bukan? Jadi, jangan khawatir dan bingung lagi. Kulit kering pada bayi itu wajar dan dapat diatasi dengan mudah, kok!


loading...