Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Obat sakit gigi berlubang yang ampuh – Organ tubuh manusia terbagi menjadi 2 bagian, yakni organ dalam dan organ luar. Organ dalam lebih membutuhkan perhatian agar terhindar dari kegagalan fungsi. Begitu juga dengan organ luar, bukan berarti lebih terlihat lalu anda mengabaikannya dengan tidak menjaganya dengan maksimal. Karena layaknya organ dalam yang harus diperhatikan, organ luar pun harus diperhatikan dengan baik pula.

Memang tidak mudah untuk menjaga kesehatan dan fungsi setiap organ yang ada di tubuh agar selalu terjaga. Namun hal itu bisa anda lakukan dengan melakukan perawatan maksimal dan medical check up rutin. Untuk apa? Agar ke depannya anda tahu apa yang sebaiknya dihindari dan perlu dilakukan untuk menunjang kesehatan organ tubuh. Salah satu organ yang layak mendapatkan perhatian lebih adalah gigi.

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mengacuhkan kesehatan giginya. Padahal pada dasarnya ada banyak milyaran bakteri yang mengepung gigi. Salah satu bahaya yang akan diterima bila mengacuhkan kesehatan gigi yakni masalah sakit gigi berlubang. Apabila gigi sudah terlanjut berlubang dan dibiarkan begitu saja, maka alhasil gigi akan memiliki lubang yang lebih parah.

Dimana gigi berlubang parah akan menimbulkan sakit yang luar biasa. Sakit gigi berlubang parah tidak hanya akan menyebabkan nyeri atau sakit bagian gigi saja.  Namun akan terasa juga sampai kepala atau organ lainnya. Mengapa bisa demikian? Ini karena abses dan juga bakteri-bakteri lain yang terdapat pada mulut dan gigi berlubang parah, akan masuk kedalam aliran pembuluh darah. Dengan begitu bakteri akan bercampur dengan darah dan menyebar ke semua bagian tubuh.

Bahayanya lagi, semua bakteri tersebut bisa berhenti di bagian organ penting seperti persendian, jantung, ginjal, atau bisa jadi otak. Bakteri tersebut tidak hanya berdiam diri menikmati darah anda, namun biasanya setelah berhenti mereka (bakteri) menggerogoti organ tubuh tempat bakteri berhenti. Lebih bahaya lagi jika kondisi organ sedang dalam keadaan lemah dan imunitas sedang melemah.

Sebagai contoh jika bakteri-bakteri tersebut berhenti pada otak, maka kesehatanlah yang akan terganggu. Dimana anda tahu fungsi otak sangatlah penting untuk organ tubuh yang lain, jika sampai terganggu fungsinya maka bukan tidak mungkin kualitas hidup anda tersebut akan menurun. Selain itu aktivitas sehari-hari juga akan menurun drastis tentunya. Untuk itu, perawatan gigi berlubang harus dilakukan sebaik-baiknya.

cara mengobati sakit gigi berluabang dengan cepat

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Lalu bagaimakah perawatan gigi berlubang yang bisa dilakukan? Berikut caranya :

  1. Menghindari segala sesuatu yang menjadi penyebab gigi berlubang

Gigi berlubang parah bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

  • Bakteri

Ada berbagai macam bakteri penyebab gigi berlubang parah yang sulit untuk dihilangkan. Diantaranya yaitu bakteri Lactobacillus acidophilus, Bakteri Odontomyces viscoses dan  bakteri streptokokus.

  • Plak gigi

Plak gigi mempunyai kandungan asam yang bisa menghilangkan email atau mineral gigi. Hal tersebutlah yang menyebabkan erosi pada gigi, sehingga lubang kecil pada gigi akan tercipta. Yang lama-kelamaan akan menjadi besar dan parah.

  • Pola makan

Selain dua hal tadi, pola makan yang tidak baik juga menjadi salah satu penyebab sakit gigi berlubang parah. Untuk itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan serta minuman yang terlalu banyak mengandung karbohidrat, karena akan meningkatkan pengeroposan gigi.

  • Kebersihan mulut

Tentunya hal ini merupakan faktor utama penyebab sakit gigi hingga berlubah parah. Untuk itu, sebaiknya anda mejaga kebersihan mulut dan gigi dengan rutin menyikat gigi. Sikatlah gigi minimal 2 kali sehari pada pagi dan malam hari menjelang tidur. Dengan demikian, kesehatan mulut dan gigi anda akan  tetap terjaga. Namun yang juga perlu anda perhatikan adalah, menyikat gigilah dengan benar. Hindari menyikat gigi dengan gerakan dari kiri ke kanan. Sebaiknya sikatlah gigi anda dengan gerakan dari atas ke bawah atau sebaliknya. Gunakan juga sikat gigi yang lembut, supaya tidak melukai gusi dan gigi.

  1. Hindari makanan terlalu panas dan terlalu dingin

Dimana makanan yang terlalu panas atau dingin akan membuat nyeri yang tidak tertahankan. Makanan akan masuk kedalam gigi yang berlubang dan merusak email gigi anda. Selain itu makanan yang terlalu manis juga sebaiknya tidak anda konsumsi.

  1. Sebanyak mungkin konsumsi mineral dan kalsium

Tanpa kedua zat di atas, gigi akan mudah keropos dan mudah terlepas dari gusi. Jadi sebaiknya banyak konsumsi makanan dan minuman yang mengandung mineral dan juga kalsium. Misalnya saja bayam, susu, dan lain sebagainya.

  1. Gunakan pasta gigi yang khusus

Pada umumnya pasta gigi yang diracik khusus untuk perawatan gigi berlubang parah mengandung xylithol dan kalsium. Kedua kandungan tersebut tentunya sangat bagus untuk menumbuhkan lapisan baru pada gigi yang berlubang.

  1. Sering lakukan check up pada dokter gigi kesayangan anda

Dalam satu tahun, sebenarnya kita diwajibkan untuk mengontrol amau check up kondisi gigi. Namun jika anda sudah terlanjur mengalami gigi berlubang, sebaiknya segera lakukan check up pada dokter gigi.

  1. Gunakan gigi yang normal

Jika ada gigi anda yang berlubang sebaiknya jangan terlalu sering digunakan untuk mengunyah makanan apalagi makan daging. Gunakanlah bagian gigi yang tidak berlubang. Namun jika sudah terlanjur menggunakannya maka segera bersihkan seusai makan, agar sisa makanan tidak menjadi makanan empu para bakteri.

  1. Menambal gigi

Gigi berlubang sebaiknya segera mendapatkan penanganan dokter gigi. Jalan terbaik adalah dengan menambalnya, agar kuman dan bakteri tidak masuk kedalam jaringan bawah gigi dan menyebabkan masalah lain yang lebih serius.

baca juga ” cara mengatasi gigi kuning

Jika beberapa cara di atas sudah anda lakukan, maka anda akan tahu seberapa parah gigi berlubang yang dialami. Yang perlu anda ketahui, gigi berlubang yang diacuhkan bisa menjadi sarang ulat. Dimana ulat akan menggerogoti lapisan gigi demi lapisan. Lantas apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengeluarkan ulat gigi? Ada 1 cara mengeluarkan ulat gigi yang cukup ampuh. Yaitu menggunakan batok kelapa. Caranya :

  1. Potong batok kelapa menjadi 1/3 bagian. Lalu rapikan bagian luar dan dalamnya dengan amplas. Setelah itu buat lubang untuk memberi selang waterpass. Lakukan dengan serapih mungkin agar tidak ada celah untuk nantinya asap keluar selain dari selang.
  2. Siapkan batu apapun yang terpenting bersih, tidak perlu terlalu besar
  3. Pecahkan genting kira-kira ukuran 5 cm, tidak beraturan juga tidak apa
  4. Sediakan kaleng bekas apapun, lebih baik kaleng bekas kue
  5. Siapkan juga minyak sayur
  6. Biji terong, terong liar, getir yang jika sudah matang warnanya kuning dan berbentuk bulat, ambil bijihnya, jemur hingga kering dan menghitam.
  7. Jepitan makanan atau apapun yang bisa untuk memindahkan genting panas nantinya
  8. Tungku api atau sejenisnya
  9. Langkah-langkahnya :
    • Bakar genting pada tungku yang sudah disediakan
    • Isi kaleng bekas kue dengan air, setelah itu ganjal dengan batu kecil
  • Lanjutkan dengan menaruh genting yang sudah membara di atas ganjal
  • Taburkan sedikit biji terong di lapisan teratas genting.
  • Teteskan minyak sayur
  • Tunggu beberapa saat agar biji terong mengeluarkan asap
  • Setelah mengeluarkan asap, taruh batok kelapa yang sudah dipasangi selang untuk menutupi asap yang dikeluarkan oleh biji terong tadi
  • Setelah itu taruh ujung selang tepat pada gigi yang berlubang
  • Lakukan perlahan hingga kira-kira ada 10 hingga 15 genting yang digunakan.
  • Jika asapnya berkurang segera ganti dengan genting yang baru, dan lakukan langkah seperti sebelumnya
  • Setelah selesai, perhatikan pada air yang ada di dalam kaleng atau diatas genting yang terpanggang. Jika anda melihat ada benda kecil, itulah ulat yang merusak gigi anda.

Cara mengeluarkan ulat gigi dengan menggunakan batok kelapa seperti yang sudah dijelaskan di atas memang sudah terbukti ampuh dan banyak yang melakukannya. Memang terkesan sedikit kuno, namun khasiatnya sangat terlihat jika sudah dilakukan. Sakit gigi memang lebih baik daripada sakit hati, namun anda tidak boleh mengabaikan kesehatan dan kebersihan gigi.

artikel kesehatan gigi lainnya :

Sebelum terlambat, sebaiknya segera rubah kebiasaan yang anda terapkan untuk gigi dengan lebih memperhatikan kesehantan dan kebersihannya. Yang perlu anda ketahui, dampak dari sakit gigi bisa fatal jika memang anda menyepelekannya. Jika anda ragu dengan cara di atas sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi. Demikianlah cara mengatasi sakit gigi berlubang yang bisa kami sampaikan. Simak tips perawatan gigi selanjutnya hanya di cantiknsehat ya, jangan lupa tuk share jika dirasa bermanfaat.