Cara Merawat Rambut Rontok Parah Secara Alami

Rambut yang lembab, berkilau, lembut dan halus adalah rambut impian semua wanita. Rambut yang berkilau dan lembab adalah rambut yang akan terlihat sehat serta cantik, sehingga menambah percaya diri dan penampilan Anda pun semakin oke. Namun bagaimana jika rambut Anda ternyata kering dan mengalami berbagai masalah lainnya? Salah satu masalah yang akan datang setelah rambut kering adalah rambut yang kusam, rusak parah, bercabang, dan rontok. Wah, tentunya rambut kering dan bermasalah akan sangat mengganggu Anda, bukan? Jika Anda ingin mengatasi permasalahan tersebut, ikuti saja beberapa tips merawat rambut rontok parah berikut ini.

baca juga : tips menghilangkan rambut yang bercabang dengan cepat

Mengatasi rambut rontok parah secara alami

cara merawat rambut rontok parah secara alami dengan minyak zaitun

baca juga : cara mengatasi rambut rontok dan berketombe

Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat baik dan ampuh untuk melembabkan sekaligus menutrisi rambut Anda. Selain itu, menggunakan minyak zaitun secara rutin dapat mengembalikan kilau alami rambut, bahkan dapat langsung terlihat saat pemakaian pertama. Caranya pun sangat praktis, hanya dengan menghangatkan sebentar minyak zaitun menggunakan microwave, lalu oleskan minyak zaitun yang masih hangat pada seluruh inci rambut Anda dari akar rambut hingga ujung rambut. Oh iya, oleskan minyak zaitun hanya pada rambut Anda dalam keadaan basah, ya. Gunakanlah seperti Anda sedang menggunakan vitamin khusus rambut. Nah, diamkan minyak zaitun selama beberapa menit sebelum dibilas dengan keramas. Selain itu, minyak kelapa juga dapat Anda gunakan sebagai cara mengatasi dan mengobati rambut rontok parah.

Menyisir Rambut dengan Benar

Advertisement

Tahukah Anda bahwa menyisir rambut saja ada cara yang benar dan cara yang salah? Ya, menyisir rambut harus dilakukan dengan cara-cara yang benar. Menyisir rambut dengan benar dapat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan rambut Anda, lho. Pertama, sisirlah rambut Anda dengan lembut dan pastikan rambut Anda sudah kering. Rambut yang basah lebih rentan rontok daripada yang kering, jadi jangan menyisir rambut jika tidak ingin mendapati banyak rambut menyangkut pada sisir. Selain itu, gunakan sisir bergigi lebar agar menghindari rontok berlebih pada rambut. Oh iya, gunakan juga sisir yang terbuat dari kayu, karena gigi sisir yang mengenai kulit kepala dapat melancarkan peredaran darah pada kulit kepala, sehingga menjadi lebih sehat dan distribusi minyak alami menjadi lebih lancar.

Cara mengatasi dan mengobati rambut rontok parah yang berikutnya adalah menghindari gosokan pada rambut secara berlebihan. Tak jarang kita mengeringkan rambut menggunakan handuk agar lebih cepat kering secara alami. Namun cara mengeringkan dengan handuk itulah yang seringkali salah. Jangan menggosokkan handuk yang kasar pada rambut Anda, karena gosokkan tersebut dapat merusak lapisan rambut sehingga rambut dapat menjadi lebih rusak. Sebaliknya, usap-usapkan saja handuk dengan lembut pada rambut agar dapat menyerap air lebih cepat.

Hindari Pengering Rambut

Masih menyambung dari poin sebelumnya, hindari juga penggunaan pengering rambut atau hair dryer. Walaupun memang lebih cepat menggunakan hair dryer, namun rambut Anda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjadi sehat dan cantik kembali. Paparan panas yang didapatkan rambut saat menggunakan hair dryer akan menimbulkan kerusakan lebih parah pada rambut Anda, terutama pada ujung rambut. Biarkan saja rambut mengering secara alami dengan dikering-keringkan santai, daripada merusak rambut Anda untuk hanya mengeringkan rambut.

baca juga : langkah mudah mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami

Jangan Menggosok Rambut Berlebihan

Jadi, jagalah kelembaban rambut Anda yang kering dan rusak agar tetap mendapatkan nutrisi yang cukup. Selain itu, hindari juga beberapa kebiasaan buruk yang dapat memperparah kerusakan sebagai cara merawat rambut rontok parah.

loading...