Efek Samping Smoothing Bagi Kesehatan Tubuh

Rambut rusak bisa saja efek samping dari perawatan rambut seperti smoothing, ingin tahu jelasnya? simak ulasan berikut ini. Selain rebonding, smoothing merupakan salah satu jenis perawatan kecantikan rambut yang sering dilakukan para wanita. Jika dibandingkan dengan rebonding, perawatan rambut smoothing lebih terpaku pada pelemasan dan pelembutan rambut. Maka jangan heran jika banyak wanita yang menggunakan metode ini untuk membuat penampilan lebih menarik dan percaya diri. Meskipun memiliki manfaat bagi keindahan rambut, akan tetapi jenis perawatan ini juga memiliki efek samping. Tak hanya pada rambut saja, efek samping smoothing juga sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Pastinya Anda penasaran kan? Nah berikut adalah beberapa efek samping dari smoothing yang perlu diwaspadai.

Inilah Efek Samping Smoothing Bagi Rambut dan Kesehatan

Memicu Munculnya Ketombe

Ketombe merupakan masalah pada rambut yang sering dialami hampir setiap orang. Tahukah Anda bahwa smoothing juga dapat menyebabkan masalah yang satu ini? Seperti yang kita ketahui perawatan rambut smoothing menggunakan beberapa bahan kimia yang mengharuskan Anda untuk membersihkannya secara rutin. Jika kulit kepala lembab dan tidak bersih  hal ini dapat memcu timbulnya ketombe. Tak hanya itu saja, bahan kimia yang digunakan juga dapat membuat kulit kepala sering gatal-gatal.

Baca juga cara mudah smoothing rambut sendiri di rumah

Inilah Efek Samping Smoothing Bagi Rambut dan Kesehatan

Menyebabkan Rambut Berminyak

Rambut berminyak tak hanya dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang, akan tetapi rambut lepek dan berminyak juga dapat memicu jerawat pada wajah. Smoothing yang Anda lakukan juga merupakan salah satu penyebab rambut berminyak, sehingga rambut akan mudah lepek dan berminyak dari kondisi normalnya. Umumnya, hal ini disebabkan karena penggunakan serum lotion yang berlebihan pada proses smoothing.

Menyebabkan Kerontokan Rambut

Sudah menjadi rahasia umum jika proses smoothing dapat menyebabkan kerontokan rambut. Bahan kimia yang digunakan dapat membuat rambut menjadi tidak sehat. Akibatnya, rambut akan mudah sekali mengalami kerontokan dan bahkan kebotakan.

Menyebabkan Kerusakan Rambut

Kerusakan rambut yang ditimbulkan akibat smoothing pun bermacam-macam, mulai dari rambut bercabang hingga kerontokan yang parah. Hal ini terjadi karena energi panas yang dialirkan catok membuat pertumbuhan rambut menjadi tidak seimbang. Tak hanya itu saja, kandungan bahan kimia lainnya pun dapat merusak akar rambut.

Terjadinya Pendarahan

Terjadinya pendarahan merupakan salah satu efek samping smoothing pada ibu hamil. Berdasarkan tes yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa bahan kima yang digunakan dalam perawatan rambut yang satu ini sangatlah berbahaya. Bahan kimia tersebut mengandung racun yang dapat menyebabkan seseorang mengalami pendarahan pada hidung. Bagi ibu hamil, tentu saja kondisi ini sangatlah berbahaya. Meskipun efeknya tidak secara langsung pada bayinya, akan tetapi sebaiknya Anda menghindari hal yang satu ini ketika hamil.

Menyebabkan Rambut Kering dan Kusam

Efek samping berikutnya adalah dapat menyebabkan rambut kering dan kusam. Rambut kering dan kusam merupakan efek yang sering dialami oleh seseorang  setelah melakukan smoothing. Rambut kering dan kusam akibat smoothing sendiri disebabkan oleh panasnya kandungan bahan kimia yang digunakan selama proses perawatan. Rambut yang kering  ini menunjukkan bahwa rambut telah kehilangan kelembaban alainya. Sehingga lambat laun rambut akan terlihat lebih kusam, kasar dan tidak berkilau.

Rambut Menjadi Lebih Kasar

Umumnya seseorang yang melakukan smoothing berharap memiliki rambut yang halus dan mudah diatur. Namun hal tersebut tidak akan terjadi secara permanen. Setelah beberapa minggu melakukan smoothing, rambut akan lebih kasar jika dibandingkan dengan kondisi normalnya. Rambut yang kasar tersebut menandakan bahwa rambut telah kehilangan tekstur alaminya. Kurangnya nutrisi luar dan dalam juga dapat menyebabkan hal ini.

Menyebabkan Alergi

Bagi Anda yang sangat rentan terhadap alergi, sebaiknya menghindari perawatan rambut yang satu ini. Bisa saja kulit kepala Anda tidak cocok dengan bahan kimia yang digunakan. Jika iya, alergi bisa saja muncul dan dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit kepala, ruam, iritasi kulit dan bahkan ketombe yang sangat parah. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga cara mudah merawat rambut rusak secara alami

Nah itulah beberapa efek samping smoothing pada rambut dan kesehatan yang perlu Anda waspadai. Jika ingin mendapatkan rambut yang halus dan lembut, tak perlu melakukan smoothing dengan bahan kimia yang berbahaya dan belum tentu cocok dengan kondisi kulit kepala bahkan rambut anda. Anda bisa menggunakan bahan alami yang lebih aman dan pastinya dengan harga yang terjangkau dan aman. Simak info dan tips cantiknsehat selanjutnya dengan pembahasan yang baru, semoga bermanfaat.


loading...