Sebab Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Perubahan fisik dan hormonal tidak hanya terjadi pada saat terjadi kehamilan namun setelah kehamilanpun perubahan itu masih bisa dirasakan bahkan sampai tiga hingga enam bulan kedepan. Salah satu perubahan fisik yang terlihat setelah melahirkan adalah kerontokan rambut yang lebih banyak dibanding dengan biasanya. Banyak ibu yang kaget saat menemukan banyak helai rambut tertinggal di sisir atau pada saat keramas terutama ibu-ibu yang baru pertama hamil. Apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh ibu setelah melahirkan sehingga rambutnya rontok? Kondisi rontoknya rambut setelah melahirkan disebut dengan Telogen effluvium. Kondisi ini terjadi tidak hanya pada wanita yang telah selesai melahirkan tetapi juga kerontokan rambut berlebihan setelah operasi besar dan pada stress akut.

penyebab rambut rontok berlebihan setelah melahirkan

rambut rontok setelah melahirkan

Pada ibu yang melahirkan biasanya dimulai pada bulan ketiga hingga bulan keenam. Menurut para pakar, Telogen effluvium (TE) merupakan kondisi normal tetapi tetap harus mendapatkan perhatian agar bisa cepat dihentikan. Selain dari pengaruh hormon TE dapat diperparah dengan kelelahan fisik maupun mental, itulah sebabnya pengelolaan stres diperlukan.

Rambut yang rontok dan tumbuh kembali pada ibu melahirkan massa jenisnya berbeda dengan pada saat ibu mengandung atau sebelum mengandung. Selain itu proses pertumbuhan rambut juga berlangsung lambat hingga 12 bulan lamanya. Meskipun tumbuh lagi tetapi perlu usaha-usaha untuk menyuburkan rambut mestinya terus dilakukan.

Advertisement

Untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut sangat disarankan untuk banyak minum air putih, meningkatkan asupan protein, sayur-sayuran dan buah. Pada saat menyisir, sisir rambut dengan lembut menggunakan sisir bergigi renggang. Hair tonik dan suplemen makanan juga diperlukan namun ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter karena ada beberapa jenis suplemen yang tidak disarankan untuk ibu setelah melahirkan.

Vitamin untuk rambut rontok: http://spirit.web.id/vitamin-untuk-rambut-rontok

Sedangka hal-hal yang sebaiknya tidak boleh dilakukan adalah menggunakan hair straigtener, hair dryer dan mandi/keramas menggunakan air hangat. Hindari juga menyisir rambut saat masih dalam keadaan basah karena lebih mudah rontok dan patah. Pada saat rambut masih basah cukup sisir menggunakan tangan saja.

Rekomendasi situs: dbagus.com

loading...