Solusi Perawatan Rambut Rusak Karena Rebonding

Perawatan rambut rusak karena rebonding sebenarnya dapat Anda lakukan di rumah. Tentu saja akan jauh lebih aman serta cukup terjangkau dibanding Anda melakukannya di salon yang menggunakan bahan kimia. Banyak wanita yang menginginkan rambut lurus alami sehingga banyak di antara mereka pergi ke salon unyuk meluruska rambut dengan cara smoothing atau rebonding. Dengan cara tersebut hasilnya memang cukup bagus, rambut akan awalnya bergelombang atau keriting akan lurus seketika dan menjadi lebih rapi seperti yang Anda inginkan.

Namun perlu Anda ketahui jika meluruskan rambut dengan cara rebonding atau smoothing dapat merusak rambut Anda. Pada awal rebonding mungkin Anda tidak akan terasa, namun setelah beberapa minggu atau bulan rambut Anda akan rusak. Beberapa kerusakan tersebut adalah rambut bercabang, rambut mudah patah, rontok, dan rambut mengering. Hal ini disebabkan karena penggunaan alat catok yang panas serta obat pelurus yang terbuat dari bahan kimia. Jadi, sebelum Anda melakukan rebonding perhatikan terlebih dahulu dampak negatif terhadap kesehatan rambut Anda.

baca juga : efek samping smoothing untuk rambut

Tips Perawatan Rambut Rusak Akibat Rebonding yang Praktis

Perawatan Rambut Rusak Akibat Rebonding

Bagi Anda yang sudah terlanjur melakukan rebonding dan rambut mengalami masalah, Anda tidak perlu khawatir. Sebenarnya terdapat beberapa cara merawat rambut yang rusak secara alami. Anda juga dapat melakukannya sendiri di rumah agar rambut kembali sehat. Berikut beberapa perawatan rambut yang perlu Anda ketahui.

1. Menggunakan lidah buaya
Rambut rusak akibat rebonding dapat Anda obati menggunakan lidah buaya. Seperti yang kita ketahui jika lidah buaya memiliki banyak manfaat dan sering digunakan sebagai cara mudah merawat rambut rusak secara alami. Cara menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut juga cukup mudah, Anda perlu mengambil getah lidah buaya atau gel kemudian usapakan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Pijat perlahan dan diamkan beberapa menit hingga gel tersebut meresap. Setelah itu Anda dapat membolasnya dengan shampo dan air bersih.

2. Mengonsumsi teh hijau
Tips perawatan rambut rusak karena rebonding selanjutnya adalah dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Mengapa harus teh hijau? Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi serta epigallocatechin-3-gallat. Kandungan tersebut mampu menyuburkan rambut serta dapat membantu proses regenerasi rambut yang rusak akibat rebonding.

3. Menggunakan shampo dan konditioner yang tepat
Beberapa orang terkadang kurang mengetahui pemilihan shampo yang tepat untuk rambut. Padahal pemilihan shampo yang salah akan mempengaruhi kesehatan rambut Anda. Gunakan shampo atau kondisioner sesuai dengan karakter rambut Anda. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan shampo yang khusus untuk merawat rambut rusak.

Advertisement

4. Kurangi penggunaan catok rambut serta hair dryer
Meskipun catok dan hair dryer mampu mempercantik dan mengeringkan rambut, namun alat pemanas tersebut justru akan menambah parah rambut rusak Anda. Jika Anda sering menggunakannya rambut akan mudah kering dan rontok. Untuk perawatan rambut Anda cukup menggunakan handuk kering atau mengangin-anginkannya saja secara alami.

5. Menggunakan sisir bergigi jarang
Untuk mengindari rambut semakin rusak akibat rebonding, Anda dapat menggunakan sisir bergigi jarang. Anda harus menghindari sisir yang memiliki gigi rapat atau sisir jenis sikat. Gunakan sisir yang memiliki ujung tumbul dan jarang. Cara menyisirnya juga perlu Anda perhatikan. Sisirlah dengan perlahan dan tidak menariknya jika ada rambut yang kusut. Degan menggunakan sisir bergigi jarang tersebut mampu mengurangi kerusakan pada rambut Anda.

baca juga ” perawatan rambut rusak akibat pewarnaan

                  ” perawatan rambut rusak akibat catok

                  ” perawatan rambut rusak akibat smoothing

6. Potong rambut 3 bulan sekali
Apa hubungannya perawatan rambut rusak karena rebonding dengan memotong rambut 3 bulan sekali? Hal ini penting karena rambut yang rusak akibat rebonding cenderung mudah patah dan bercabang. Untuk itu, dengan memotong rambut Anda secara rutin 3 bulan sekali rambut yang bercabang akan terpotong dan digantikan dengan rambut baru. Namun Anda juga perlu memenuhi nutrisi rambut agar tumbuh dengan sempurna.

baca juga : cara mudah smoothing rambut di rumah

Itulah beberapa hal dalam perawatan rambut rusak karena rebonding yang perlu Anda perhatikan. Jika menginginkan rambut indah gunakanlah cara-cara alami. Selain menyehatkan, cara alami juga tidak memiliki efek buruk bagi rambut karena tidak terdapat bahan kimia yang membahayakan. Demikian cantiknsehat mengulas tips perawatan rambut rusak, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

loading...

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *