Tidak Semua Orang Perlu Pelembab

Sebelum melakukan kegiatan di luar rumah biasanya perempuan sering mengoleskan pelembab ke wajah maupun kulit tubuhnya. Pelembab dipercaya dapat menjaga agar kulit tidak kering saat terkena udara panas maupun terkena sinar matahari. Tahukah anda bahwa pelembab dapat menyebabkan kulit terlihat lebih tua dan kering? Data yang diperoleh dari La Roche-Posat mengungkapkan bahwa kurang lebih sebanyak 70 wanita dewasa mengeluh memiliki kulit yang sensitif dan kering. Data dari perusahaan perawatan kulit tersebut juga menyatakan bahwa banyak wanita yang memiliki kulit berbintik hitam. Data tersebut menurut Dokter Rachael Eckel bukanlah suatu kebetulan karena tidak semua orang membutuhkan pelembab. Penggunaan pelembab bagi wanita yang tidak memerlukan pelembab dapat menyebabkan sel kulit cepat mati, kering, pori-pori membesar, berjerawat dan timbul bintik hitam di kulitnya. Sebenarnya hanya 15 saja orang yang memerlukan pelembab, kata dermatologis tersebut.

pelembab untuk kulit kering

Yang mengejutkan adalah 15 persen orang tersebut adalah orang yang memang memiliki genetik kulit kering. Orang dengan kulit kering dari genetik tersebut memiliki ciri kulitnya sangat kering dengan kondisi seperti eksim. Jadi kalau anda memiliki kulit normal atau berminyak sangat tidak disarankan menggunakan pelembab.

Namun banyak informasi yang beredar bahwa setiap jenis kulit membutuhkan pelembab, itu merupakan informasi yang salah dan ini diperparah dengan produsen pelembab yang mengeluarkan produk pelembab untuk kulit normal dan kulit berminyak.

Dokter eckel menjelaskan bahwa sebenarnya yang membuat kulit lembab adalah air yang ada di lapisan kulit bawah. Pelembab biasa mengandung air, zat pelembut, mineral dan minyak dari tumbuhan. Zat-zat tersebut mencegah air menguap dari kulit.

Jika lapisan kulit bagian atas dilapisi dengan pelembab maka, ia akan mengirimkan sinyal untuk tidak memproduksi pelembab alami kulit. Akhirnya lapisan epidermis akan menipis dan menimbulkan kerutan.

Dokter Eckel juga menjelaskan bahwa lapisan sel kulit mati akan tetap berada di atas jika menggunakan pelembab buatan, hal ini akan memicu timbulnya jerawat. Pelembab juga diketahui mengandung minyak yang bisa menurunkan kadar oksigen di permukaan kulit, akibatnya bakteri baik di permukaan kulit akan mati.

loading...