Tips Merawat Kulit Kering dan Bersisik secara Alami

Seseorang dapat memiliki tipe kulit yang kering karena faktor genetis maupun karena faktor luar, seperti paparan udara dingin, jarang menggunakan pelembab kulit, dan lain-lain. Kulit kering membutuhkan perawatan yang berbeda dengan tipe kulit lainnya, karena kulit kering harus rajin diberikan nutrisi dan pelembab agar terjaga elastisitasnya. Jika tidak, kulit Anda akan berada dalam kondisi kering terus menerus dan bahkan bertambah parah hingga menjadi bersisik. Jika Anda adalah salah satu yang mengalaminya, mungkin beberapa cara merawat kulit kering dan bersisik secara alami ini dapat menjadi jawabannya.

Scrubbing : Perawatan kulit kering dan bersisik pertama yang dapat Anda lakukan adalah scrubbing. Scrubbing dapat membantu mengangkat sel kulit mati, sehingga sel kulit baru yang lebih sehat dan cantik dapat tumbuh dengan mudah. Scrubbing pun dapat mengembalikan kelembaban kulit Anda serta menjaga elastisitas kulit. Perawatan ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti tepung beras, gula, atau garam yang memiliki tekstur yang kasar. Anda pun dapat melakukannya dengan beberapa produk kecantikan khusus scrubbing yang memiliki tekstur kasar sebagai pengangkat sel kulit mati. Namun ingat, walaupun kulit Anda sangat kering dan bersisik, tetap lakukan proses scrubbing dengan lembut dan perlahan, ya. Anda hanya ingin menghilangkan sel kulit mati, bukan sel kulit seluruhnya, kan?

Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Bersisik Secara Alami

cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara alami

Konsumsi Air Mineral : Jika Anda sudah mengalami kulit kering belakangan ini, coba kilas balik sebentar. Apakah Anda sudah mendapatkan konsumsi air putih yang cukup selama ini? Jika belum, mungkin konsumsi air putihlah yang menjadi kunci dari kering dan bersisiknya kulit Anda. Air putih memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh, salah satunya untuk menjaga kelembaban kulit dari dalam. Tahukah Anda bahwa sekitar 70% tubuh manusia terbuat dari air? Itu sebabnya sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Jadi, pastikan Anda meminum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter tiap hari untuk memiliki kulit yang halus dan lembab kembali.

Menggunakan Masker atau Lulur : Cara merawat kulit kering dan bersisik secara alami yang berikutnya adalah menggunakan masker atau lulur. Tergantung dengan bagian tubuh Anda yang mana yang kering dan bersisik. Anda dapat menggunakan sejumlah bahan alami untuk membuat lulur atau masker alami di rumah. Misalnya, Anda dapat menggunakan masker atau lulur dari minyak esensial seperti minyak zaitun atau rosemary oil. Anda pun dapat menggunakan bahan sayur dan buah-buahan segar yang memiliki kandungan pelembab serta nutrisi yang baik untuk kulit. Kulit yang kering serta bersisik menandakan kulit yang kurang mendapat asupan nutrisi, sehingga Anda harus lebih rajin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut.

Hindari Penggunaan Sabun yang Mengandung Parfum : Walaupun sepertinya akan sangat menyenangkan untuk menggunakan sabun yang memiliki kandungan parfum atau pewangi, nyatanya tidak begitu menyenangkan untuk kulit Anda. Sabun yang memiliki kandungan parfum atau pewangi dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kering karena formulanya yang dapat merusak kulit. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki kulit kering dan bersisik sebaiknya memilih sabun dengan kandungan yang ringan dan diperkaya dengan pelembab ekstra, karena pelembab alamilah yang dibutuhkan oleh kulit kering dan bersisik Anda.

baca juga cara mengatasi kulit wajah kering pada pria

Itulah beberapa kiat atau cara merawat kulit kering dan bersisik secara alami. Semoga dengan kiat-kiat di atas, Anda dapat memperoleh kembali kulit lembab, lembut, dan halus Anda, ya!

loading...